.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

keunggulan tinta sablon plastisol

KELEBIHAN TINTA SABLON PLASTISOL

   hallo semua sabloners dan para pembaca,gimana kabarnya hari ini? mudah mudahan sehat selalu yaa,, Aamiin.. 

   Ok pada kesempatan ini kami ingin berbagi pengetahuan tentang dunia sablon terutama pada jenis tinta plastisol,sesuai dengan judul kita diatas yaitu kelebihan atau keunggulan dari tinta sablon plastisol itu sendiri,mari sama sama kita simak pembahasan berikut :

   Tinta plastisol merupakan salah satu jenis tinta yang pastinya sabloners sudah sering dengar atau mungkin pernah pakai sebelumnya. Tinta Plastisol memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh varian tinta sablon lainya yaitu sifatnya yang Bandel (tidak mudah kering di screen)  dan sangat cocok di aplikasikan untuk design yang detail berupa dot-dot kecil serta raster kecil.

kelebihan tinta sablon plastisol


    Mengapa Tinta plastisol tidak mudah kering? Karena Tinta plastisol berbahan dasar PVC sehingga tinta plastisol tidak akan kering apabila tidak dikeringkan dengan energi panas.

    Plastisol sendiri tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihan dari tinta plastisol adalah memiliki daya tutup tinta yang bagus, daya rekat tinta yang kuat, tinta tidak akan mampet di cetakan, bisa untuk cetak hd dan penyimpanan tinta yang relatif mudah (ditutup tidak kering).
Tentunya tidak ada produk yang sempurna. Tinta Plastisol juga memiliki kelemahan yaitu hasil sablon tidak sehalus waterbase, kurang cocok untuk proses heat transfer, susah dikeringkan (apabila pengeringan alami dengan bantuan matahari), Pengering membutuhkan daya listrik yang besar, dan
Kain yang digunakan harus yang tahan panas.

    Bahan yang disarankan untuk mencetak tinta plastisol adalah kain yang tahan panas. Umumnya Sabloners memakai kain katun dan hindari kain sintetik yang tidak tahan panas karena dapat meleleh.

    Screen mesh yang digunakan tentu sangat fleksibel sekali. Karena Tinta Plastisol bisa untuk mencetak sablon design block (T36-T61) dan design Raster (T77-T120) hal ini disesuaikan dengan selera dan design yang sabloners kerjakan.

Untuk Finishing sudah pasti harus menggunakan peralatan pengering seperti Hotgun (Harus yang memiliki daya panas yang tinggi), Oven, Curing, ataupun Hotpress. Apapun yang dipakai tidak masalah, yang terpenting alat tersebut memiliki panas yang cukup untuk mengeringkan tinta plastisol.
Hasil cuci tinta sablon plastisol relatif lebih kuat dibanding hasil sablon dari tinta waterbase

Tinta plastisol umumnya banyak dipakai oleh sabloners:

  1. Memiliki peralatan pengering seperti Oven, Curing, Hotpress
  2. Tidak suka dengan sifat waterbase yang mudah mampet
  3. Menginginkan hasil sablon yang terang di bahan gelap
  4. Cocok untuk di aplikasikan di mesin sablon otomatis (karena sifatnya yang tidak mudah kering)
   Kesimpulan dari artikel ini adalah kita sebagai sabloners harus lebih selektif dalam memilih tinta mana yang kita perlukan untuk keperluan produksi. Karena setiap tinta mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kita harus bisa mengkreasikan nya sehingga menjadi hasil sablon yang berkualitas. Plastisol merupakan pilihan yang tepat apabila Sabloners menggunakan mesin sablon otomatis dan memiliki pengering berdaya panas tinggi. Tetapi tidak ada salahnya Sabloners menggunakannya tanpa itu semua. Karena hasil dan kualitas yang terbaik diciptakan melalui kreativitas kita. Selamat berkarya, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan Salam gesut.


   Kami chibhe t-shirt printing/chibhe clothes shop siap melayani kebutuhan sablon kaos teman teman khusus plastisol,yang mulai dari kaos untuk promosi,family gathering,couple,atau apapun kami siap menjadi vendor anda,tentunya dengan harga dan kualitas yang sangat menarik, segera hubungi kami dan order pada nomer diatas.
.