.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Membuat Film sablon Raster dengan Photoshop tehnik CMYK

  Selamat malam kawan kawan pecinta T-shirt,,,Langsung aja nich,lebay dikit hehehee..kali ini ane mau sedikit berbagi ilmu tentang cara membuat film raster untuk sablon dengan tehnik CMYK.Disini ane bukan bermaksud untuk menggurui kawan kawan semua tapi hanya sedikit share tentang bagaimana cara membuat film sablon raster,yang cara ini juga ane pakai dalam pembuatan film chibhe t-shirt printing sehari hari.
  Langsung aje yee,,

1. Siapkan Foto yang akan dibuat Raster atau film sablon
2. Buka Photoshop CS3 ( terserah mau pakai Cs berapa aja)
3. Ubah sistem warna file ke CMYK.klik menu =>image>>mode>>CMYK color
4. Perhatikan di tab layer sebelah kanan.modenya sudah berubah menjadi CMYK.(TIPS: untuk mengeluarkan tab chanel klik Menu Windows>>Channel)
5. Pisahkan masing masing channel.klik tanda panah kecil dipojok kanan atas tab channel tsb,lalu pilih split channel.
6. Maka sekarang file kawan akan terpisah masing masing chanelnya yaitu,cyan,magenta,yelow,n black.
7. Buat raster atau titik titik dari tiap channel yang telah dipisahkan.disini ane ambil contoh file cyan
8. Klik menu image>>mode>>bitmap
9. Akan muncul Box setting parameter Bitmap.isikan 300 pada kotak Output dan pilih halftone screen pada metode use dan klik ok.
10. Lalu akan muncul box parameter Halftone screen isi frequency =70,Angel=100,dan shape=elipse
   (catatan : Untuk angel tiap tiap chanel berbeda beda yaitu : C=100, M=15, Y=0, K=45.)
11. Hasilnya akan seperti ini

12. Ubah ke menu grayscale,klik menu image>>mode>>grayscale.Beri ratio = 1 pada parameter grayscale
Oke sampai disini sebenarnya sudah bisa kita jadikan film sablon,tinggal print menggunakan plastik/kertas kalkir,(TIPS RAHASIA : bisa print dengan kertas,lalu di fotokopi dengan plastik).
mungkin hanya sedikit ilmu ane yang bisa di share karna emang ilmu ane juga masih sedikit,,hehheehehee..untuk kawan kawan yang bergerak dibidang sablon dan juga membutuhkan kaos polos murah,ane juga merupakan supplier kaos polos siap cetak bisa cek DISINI.Terima kasih telah belajar membuat film sablon bersama ane baca juga tutorial film sablon trik lain disini..salam ChiBhe..